Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Lele memang merupakan sebuah makanan yang enak di santap. Apalagi di goreng kering tentunya akan membuat diri kamu lidah anda bergoyang. Nah, karena lezatnya ikan lele tersebut menjadi permintaan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Tentunya permintaan yang semakin besar ini adalah sebuah peluang usaha yang bisa kamu coba apalagi jika ikan lele tersebut  mudah untuk di ternak dan tentunya daya tahan untuk hidup sangat kuat.

Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Cara Budidaya ikan lele untuk pemula juga sangat mudah dan tentu saja akan membuat diri kamu mendapatkan uang yang banyak nantinya. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk memulai budidaya ikan lele maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam memelihara ikan lele tersebut diantaranya :

Siapkan Kolam

Hal pertama yang perlu di siapkan agar bisa memelihara lele adalah kolam. Persiapan kolam sangat penting, tentunya kamu bisa membangun ikan lele dengan menggunakan terpal. Pastikan kolam terpal di bersihkan dahulu, bilaslah terpal tersebut sampai bersih. Lalu isilah air dan diamkan hingga 10 hari.

Pilih Bibit Lele

Dalam memilih lele tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pilihlah lele yang mempunyai warna cerah, gesit, dan agresif ketika diberikan makanan.

Penebaran Bibit

Ketika menebar lele maka pastikan dahulu untuk memisahkan ukuran. Piasahkanlah lele yang ukurannya besar dan kecil. Hal ini adalah untuk mencegah adanya kanibal keran lele adalah pemakan sesama jenis. Hindari juga untuk menebar bibit secara bersamaan karena akan membuat lele menjadi stress dan akan menyebabkan kematian.

Pemeliharaan Lele

Ketika proses pemeliharaan berlangsung maka pastikan untuk menyortirnya 20 hari. Anda perlu memisahkan lele yang besar dan kecil dalam kolam yang berbeda. Kolam dengan kualitas air yang bagus untuk lele adalah berwarna hijau. Setelah air berwarna merah maka tentu saja kamu sudah siap untuk memanennya. Jangan lupa juga dalam masa pemliharaan lele harus diberi makan 3 kali sehari.

Panen Ikan Lele

Setelah 90 hari dari bibit lele ditebar kamu sudah siap panen. Pemanenan bibit ini bisa dilakukan dengan sarung tangan , seroka besar, ataupun menggunakan jaring.

Nah, itulah cara budidaya lele untuk para pemula. Semoga saja dengan adanya informasi ini akan membantu diri kamu mendapatkan bibit yang bagus agar bisa segera memulai pemeliharaan lele tersebut.